Cara Install Android X86 4.4 di Linux Mint/Ubuntu

Tuxplus - Android adalah sistem operasi buatan google yang penggunaannya ditujukan untuk smrtphone. Sistem operasi ini mengadopsi kernel linux sebagai dasarnya, sehingga jangan salah jika Android juga bisa dipasang di laptop/komputer. Nah, kali ini tuxplus akan mencoba memasang/ menginstall android x86 di laptop yang sudah ada linux dan microsoft windows didalamnya. Dan bagaimana cara mengedit grub sehingga android bisa di boot di laptop tersebut.

Bahan-bahan yang diperlukan cukup dengan mengunduh terlebih dahulu iso Android x86. Saat artikel ini ditulis versi Android x86 terakhir adalah veri 4.4 release candidat 2 yang dapat diunduh disini. Untuk Android x86 terbaru atau versi lawas, silahkan Sobat Tuxplus kunjungi situs android x86 disana.

Nah sekarang saatnya beraksi Cara Install Android X86 4.4 di Linux Mint / Linux Ubuntu. Diasumsikan Sobat Tuxplus sudah mendownload Iso Android x86 di folder Download/Unduhan. Contoh penulis mendownload di folder /home/kangdede/Unduhan

Buka terminal / konsul. Masuk ke folder Unduhan dengan perintah :
cd Unduhan

Kemudian extrak file iso tersebut dan sementara masukan dalam folder /mnt dengan perintah :
sudo mount -o loop ~/Downloads/android-x86-4.4-r1.iso /mnt

Kemudian buat folder Android di dalam folder dokumen Sobat. Contoh penulis membuat folder Android di dokumen penulis sehingga susunan foldernya seperti ini : /home/kangdede/Android.

Kemudian copy file kernel, initrd.img, ramdisk.img, dan system.sfs kedalam folder Android yang sudah kita buat tadi.

Buat folder kosong dalam direktori Android dan beri nama data. Sehingga susunan foldernya menjadi /home/kangdede/Android/data.Folder data ini diperlukan untuk menyimpan settingan android kita, sehingga setiap kita menginstall apk / aplikasi maka tidak akan hilang saat kita masuk ke android lagi.

Kemudian anmount dahulu iso Android x86 yang tadi kita ekstak ke /mnt dengan perintah :
sudo umount /mnt

Kemudian kita edit grub menu sehingga Android muncul sebagai pilihan pada saat booting. Di Linux Mint / Ubuntu file yang kita rubah adalah /etc/grub.d/40_custom. Maka kita buka dengan text editor (misal : gedit/pluma) dengan perintah : sudo gedit /etc/grub.d/40_custom.

Masukan teks dibawah ini kedalam 40_custom yang sedang dibuka editor :

menuentry "Android" {
set root='(hd0,5)'
linux /home/kangdede/Android/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/home/kangdede/Android
initrd /home/kangdede/Android/initrd.img}

Catatan :
Untuk menentukan hd0,5 kita gunakan perintah : sudo fdisk -l. Dan lihat dimana letak Folder Android kita. Contoh penulis mempunyai partisi hardis seperti ini :


Terlihat bahwa penulis memiliki 1 buah hardisk dengan partisi linux berada pada posisi /dev/sda5, dan folder Android terletak pada partisi tersebut. maka penulisan grubnya menjadi hd0,5. Untuk menjadi gambaran Sobat dapat memperhatikan skema dibawah ini :
sda1 = (hd0,1)
sda2 = (hd0,2)
sdb1 = (hd1,1)
sdb2 = (hd1,2)

Sedangkan untuk teks yang berwarna biru : /home/kangdede/Android/ disesuaikan dengan susunan folder Android di pc sobat.

Setelah menu grub diatas selesai kita edit dan simpan, langkah selanjutnya adalah mengupdate menu tersebut ke grub. Lakukan dengan perintah :

sudo chmod +x /etc/grub.d/40_custom
sudo update-grub


Nah setelah selesai kita coba restart Ubuntu / Linux mint kita, dan pada saat booting kita pilih menu Android. Maka kita akan masuk ke android x86 dan apabila pertama kali masuk, maka kita akan dihadapkan pada halaman setting android kita.

Demikian Sobat tuxplus, cara install Android x86 di Linux Mint / Ubuntu. Selamat mencoba.